Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk kesuksesan Anda ketika Anda memulai bisnis online. Banyak orang telah memulai dan mengembangkan bisnis online yang sukses dengan melakukan hal berikut:
1. Menemukan kebutuhan dan mengisinya.
2. Membuat copywriting yang menjual.
3. Desain dan bangun situs web yang mudah digunakan.
4. Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
5. Membangun reputasi “ahli” untuk diri sendiri.
6. Follow up pelanggan dan member Anda dengan e-mail.
7. Meningkatkan pendapatan Anda melalui penjualan back-end dan upselling.
Siapa pun Anda, baik pebisnis online pemula sampai berpengalaman, bisa mendapatkan keuntungan dari proses ini dalam belajar bagaimana untuk memulai bisnis online.
Langkah 1: Cari kebutuhan dan mengisinya
Kebanyakan orang yang baru memulai bisnis online membuat kesalahan dengan mencari produk terlebih dulu, dan kemudian mencari pasar.
Untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis online Anda, mulailah dengan pasar. Caranya adalah dengan menemukan sekelompok orang yang sedang mencari solusi untuk masalah, tetapi tidak menemukan hasil yang memuaskan. Internet membuat penelitian pasar semakin mudah:
• Kunjungi forum-forum online untuk melihat pertanyaan apa yang banyak orang tanya dan masalah apa yang mereka coba untuk pecahkan.
• Melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan kata kunci yang banyak orang cari, tapi yang memiliki persaingan menengah atau bawah dan tidak banyak pemain "situs" besar.
• Periksa pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan membuat catatan apa yang mereka lakukan untuk memenuhi permintaan. Kemudian Anda bisa menggunakan apa yang Anda pelajari dan membuat produk untuk pasar yang sudah ada - dan melakukannya lebih baik dari pesaing.
Langkah 2: Menulis copywriting yang menjual
Berikut adalah formula copy selling yang akan membawa pengunjung melalui proses penjualan dari saat mereka datang sampai mereka melakukan pembelian:
• Membangkitkan minat dengan judul yang menarik.
• Menjelaskan solusi masalah yang diberikan produk Anda.
• Membangun kredibilitas Anda sebagai pemecah masalah tersebut.
• Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Anda.
• Bicara tentang produk dan bagaimana manfaat pengguna.
• Membuat penawaran.
• Memberikan jaminan.
• Menciptakan urgensi.
• Melakukan closing -penjualan-.
Melalui copy selling Anda, Anda perlu fokus pada bagaimana produk atau jasa Anda secara unik mampu memecahkan masalah atau membuat hidup mereka lebih baik. Berpikirlah seperti pelanggan dan bertanya "Apa untungnya bagi saya?"
Langkah 3: Mendesain dan Membangun website Anda
Setelah Anda punya pasar dan produk Anda, dan Anda sudah mempelajari proses penjualan, sekarang Anda bersiap untuk mendesain web bisnis online Anda. Beberapa tips penting untuk diingat:
• Pilih satu atau dua font dengan latar belakang putih.
• Membuat navigasi yang jelas dan sederhana, dan sama pada setiap halaman.
• Opsi Penawaran subscriber sehingga Anda dapat mengumpulkan alamat e-mail.
• Memudahkan untuk membeli - tidak lebih dari dua klik antara pelanggan potensial dan checkout.
•Website Anda adalah toko online Anda, sehingga harus ramah pelanggan.
Langkah 4: Gunakan mesin pencari untuk mengarahkan pembeli ke situs Anda
Iklan Paid Per Click adalah cara termudah untuk mendapatkan lalu lintas ke situs baru. Hal ini memiliki dua keunggulan dibandingkan menunggu lalu lintas untuk datang kepada Anda secara organik. Pertama, iklan PPC muncul di halaman awal pencarian, dan kedua, iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda, serta berita utama, harga dan pendekatan penjualan. Tidak hanya Anda mendapatkan lalu lintas langsung, tetapi Anda juga dapat menggunakan PPC iklan untuk menemukan yang terbaik, kata kunci berkonversi tertinggi. Kemudian Anda dapat mendistribusikan kata kunci di seluruh situs Anda dalam copy selling dan kode keyword, yang akan membantu peringkat Anda dalam hasil pencarian organik.
Langkah 5: Membangun reputasi “ahli” untuk diri sendiri
Orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Memberikan informasi secara gratis ke situs lain, dan Anda akan melihat lebih banyak lalu lintas dan peringkat mesin pencari yang lebih baik. Rahasianya adalah untuk selalu menyertakan link ke situs Anda dengan masing-masing berita dan informasi menarik.
• Mendistribusikan konten web melalui direktori artikel online atau situs media sosial.
• Sertakan link "share" pada konten yang berharga di website Anda.
• Aktif dalam forum industri dan situs jaringan sosial di mana target pasar Anda berada.
Anda akan menjangkau pembaca baru. Tetapi bahkan lebih baik, setiap situs yang posting konten Anda akan linked back ke Anda. Search engine menyukai link dari situs yang relevan dan akan membalas Anda dalam peringkat di search engine.
Langkah 6: Gunakan kekuatan pemasaran e-mail untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli.
Ketika Anda membangun subscriber, Anda telah menciptakan salah satu aset paling berharga dari bisnis online Anda. pelanggan dan subscribers telah memberikan izin Anda untuk mengirimi mereka e-mail. Itu berarti:
• Anda memberi mereka sesuatu yang mereka minta.
• Anda sedang mengembangkan hubungan seumur hidup dengan mereka.
E-mail pemasaran adalah lebih murah dan lebih efektif daripada iklan media cetak, TV atau radio karena itu sangat tertarget.
Siapapun yang mengunjungi situs Anda dan memilih mendaftar adalah hot prospect Anda.
Langkah 7: Meningkatkan pendapatan Anda melalui penjualan back-end dan upselling
Membuat closing penjualan pertama adalah bagian paling sulit - dan terkadang yang paling mahal. Jadi menggunakan back-end selling dan upselling untuk mendapatkan mereka untuk membeli lagi:
• Menawarkan produk yang melengkapi pembelian mereka.
• Mengirimkan kupon loyalitas yang dapat di redeem pada pembelian berikutnya.
• Menawarkan produk-produk terkait di halaman "Terima Kasih" Anda setelah mereka membeli.
• Reward pelanggan untuk kesetiaan mereka dan akan membuat mereka menjadi lebih setia.
Internet berubah begitu cepat, tetapi prinsip-prinsip tentang bagaimana untuk memulai dan mengembangkan bisnis online yang sukses tidak berubah sama sekali. Jika Anda baru memulai sebuah bisnis online, Anda dapat mencoba mengikuti langkah-langkah cara bisnis online ini. Jika Anda sudah mempunyai bisnis online, Anda dapat melakukan review dan melihat apakah ada langkah-langkah yang terlewatkan, atau belum sempat untuk dijalankan.