Media sosial adalah layanan yang memungkinkan orang berinteraksi dan berbagi dan membuat konten melalui komunitas online. Salah satu situs media sosial yang paling populer adalah Facebook. Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk:
Menyimpan informasi, gambar dan video untuk berbagi dengan satu sama lain, melakukan komunikasi online dengan postingan dan komentar. Sebenarnya masih banyak situs jejaring sosial lainnya-- seperti LinkedIn, Google+, twitter-- tetapi Facebook adalah yang paling populer. Facebook adalah cara yang populer untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga. Banyak juga bisnis yang di mulai dari facebook ini.
Facebook memungkinkan orang-orang dan bisnis menampilkan informasi, gambar dan video, dan berkomunikasi satu sama lain. Pengguna Facebook dapat:
✓membuat profil
✓menambahkan pengguna lain sebagai 'teman'
✓bertukar pesan dengan teman-teman
✓melihat profil pengguna lain, baik sebagian atau seluruhnya.
Siapa saja yang berusia minimal 13 tahun dapat mendaftar sebagai pengguna Facebook. Dengan mengunjungi situs Facebook dan menyediakan nama dan alamat email atau nomor handphone. Pengguna dapat mengakses Facebook dari komputer desktop atau laptop, atau dari perangkat mobile seperti smartphone atau tablet.
Sebagian besar pengguna Facebook menggunakan situs ini untuk berinteraksi dengan teman-teman Facebook mereka, seperti :
✓update status posting (update dapat berupa teks, foto, video, link ke website, atau 'check in' di lokasi tertentu)
✓memposting pesan atau berbagi konten di dinding teman
✓menggunakan fungsi pesan pribadi Facebook, yang memungkinkan Anda bertukar pesan dengan teman-teman yang dipilih. Anda dapat berkomunikasi secara real time jika teman Anda sedang online, atau meninggalkan pesan pribadi untuk seseorang ketika mereka offline.
Profil di Facebook
Untuk membuat profil, Anda perlu bergabung dengan Facebook dengan memberikan nama dan alamat email yang valid. Kemudian Anda harus mengisi form pendaftaran dengan mengisi profil Anda. Dengan profil Anda, Anda dapat terhubung ke teman-teman, keluarga, rekan kerja dan yang lainnya. Profil adalah untuk individu dan bukan untuk identitas bisnis. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis Anda, Anda perlu membuat page Facebook.
Grup di Facebook
Setelah Anda membuat profil, Anda juga dapat bergabung dengan kelompok Facebook yang didasarkan pada minat/kepentingan tertentu seperti hobi, pekerjaan, bisnis.
Page Facebook
Anda dapat membuat page di Facebook untuk bisnis, perusahaan, organisasi, merek, atau produk, untuk menjalin hubungan dengan pelanggan Anda. Tokoh masyarakat dan selebriti juga membuat halaman Facebook agar terhubung dengan fans mereka.
Facebook Places
✓Facebook juga memiliki fitur 'Places', yang memungkinkan pengguna untuk 'check in' di perangkat seluler di tempat tertentu, sehingga teman-teman dapat melihat lokasi Anda di Facebook.
Iklan di Facebook
Jika Anda memiliki akun Facebook, Anda dapat membuat iklan berbayar yang akan muncul untuk pengguna Facebook yang menjadi target Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah iklan halaman bisnis Facebook akan menunjukkan kepada Anda step by step untuk mengidentifikasi audiens Anda dan menargetkan iklan Anda.
Siapa yang menggunakan Facebook?
Jumlah pengguna Facebook telah berkembang pesat sejak situs dibuka untuk masyarakat umum pada akhir tahun 2006. Data yang dirilis oleh Facebook melaporkan pada kuartal pertama 2015 jumlah total pengguna Facebook di seluruh dunia sekitar 1.44 miliar, dan 1.25 miliar diantaranya mengakses facebook via mobile. Facebook merupakan situs paling sering dikunjungi di internet, 936 juta pengguna facebook melakukan log in setiap hari.
Semua orang yang menggunakan Facebook adalah pelanggan potensial untuk beberapa jenis bisnis. Beberapa Informasi pengguna Facebook di seluruh dunia tahun 2015:
✓57% wanita, 43% laki-laki
✓ 27% pengguna facebook berusia 18-29, 15 % usia 30-49
✓57% berpendidikan akademi atau universitas
Berbagi informasi dasar tentang bisnis Anda
Sebuah halaman Facebook memiliki banyak manfaat potensial untuk bisnis Anda. Halaman Facebook Anda adalah tempat di mana Anda dapat mempublikasikan nama bisnis, alamat dan rincian kontak, dan secara singkat menjelaskan produk dan jasa Anda. Anda juga dapat menjelaskan tentang staf Anda, sejarah, atau aspek lain dari bisnis Anda untuk menarik pengguna Facebook lainnya.
Berbagi gambar dan video bisnis Anda
Melalui Facebook Anda dapat meng-upload foto dan video dari bisnis Anda. Ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan, yang memungkinkan mereka untuk melihat produk atau layanan tanpa harus mengunjungi tempat anda.
Berkomunikasi dengan pelanggan yang ada dan potensial
Anda dapat menggunakan Facebook untuk 'berbicara' kepada pelanggan yang ada dan potensial dengan posting dan menerima pesan. Anda akan sukses jika Anda berbagi informasi yang berhubungan dengan bisnis Anda yang berguna atau menarik untuk pengguna lain. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas Anda dan mempromosikan bisnis Anda dengan membangun hubungan jangka panjang dengan pengguna lain.
Pelanggan dapat mengirim pertanyaan purna jual di dinding Facebook Anda, dan Anda dapat menjawabnya di sana. Hal ini sering lebih efisien daripada panggilan dengan telepon, dan memungkinkan pelanggan lain untuk membaca pertanyaan dan jawaban yang umum tanpa harus menghubungi Anda secara pribadi.
Mempromosikan bisnis Anda
Anda dapat meningkatkan profil bisnis Anda di Facebook dengan mendorong pelanggan yang ada dan potensial untuk mengklik tombol 'Like' pada halaman Facebook Anda. Setelah mereka me-like halaman Anda, pelanggan Anda akan menerima update Anda di dinding mereka, di mana teman-teman mereka juga akan melihatnya. Suatu promosi- word-of-mouth- yang luar biasa murah.
Facebook dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda
Anda dapat menyertakan link website Anda pada halaman Facebook Anda. Salah satu manfaat terbesar dari Facebook adalah lalu lintas tambahan ke situs Anda.
Pelanggan yang datang ke website Anda dari Facebook cenderung lebih potensial daripada rata-rata pengunjung, karena mereka sudah tahu tentang bisnis Anda dan termotivasi untuk mengklik link website.
Penawaran melalui Facebook Places
Facebook Places memungkinkan pengguna untuk 'check in' di perangkat seluler di tempat tertentu, sehingga teman-teman Anda dapat melihat lokasi Anda di Facebook. Facebook Places juga mengidentifikasi tempat-tempat populer yang dekat dengan tempat dimana pengguna check in.
Pelaku bisnis dapat menggunakan Facebook Places sehingga ketika pengguna facebook check in ke lingkungan, jalan atau bisnis, mereka akan mendapatkan daftar bisnis terdekat yang memberikan penawaran (misal; diskon, gratis, hadiah loyalitas).
Bisnis yang memiliki halaman Facebook secara otomatis termasuk dalam direktori Facebook Places.