Saat ini, pecinta makanan pinggir jalan( kaki lima) semakin dimanjakan dengan banyaknya food truck dan gerobak makanan yang makin kreatif dan inovatif. Seperti tren populer lainnya, food truck adalah versi terbaru dari usaha makanan yang sudah menjadi budaya di negara kita. Namun bisnis makanan kaki lima tidak pernah menikmati publisitas atau ketenaran seperti saat ini.
Bisnis makanan kaki lima meningkat terutama dalam menanggapi pertumbuhan ekonomi yang lambat. Orang-orang mencari sarapan dan makan siang murah. Juga, karyawan saat ini sering diburu waktu, dengan lebih banyak pekerjaan dan jam makan siang lebih pendek. Faktor-faktor ini membuat konsep bisnis makanan kaki lima lebih menarik dari sebelumnya.
Dari sudut pandang kewirausahaan, kios, gerobak, trailer, dan truk makanan memiliki overhead yang lebih rendah dari restoran dan dapat dipindahkan jika satu lokasi tidak menghasilkan keuntungan bisnis yang cukup. Daripada harus menentukan di mana untuk membuka sebuah restoran dan khawatir tentang "lokasi, lokasi, lokasi." Pemilik usaha makanan kaki lima ini dapat mendorong ke lokasi baru, jika lokasi sebelumnya kurang menjanjikan.
Sebelum Anda memutuskan usaha makanan apa yang harus Anda pilih, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor yang penting untuk kesuksesan bisnis makanan Anda, seperti :
• Modal awal, anggaran dan potensi pengembalian
• Komitmen Anda untuk bisnis ini: paruh waktu, penuh waktu, dll
• Ide kreatif Anda dan apa yang diperlukan untuk memenuhi mereka
• Pengalaman Anda dalam menjalankan bisnis
• Ukuran bisnis yang ingin Anda mulai
• Demografi
Sebelum membahas tema utama mengenai cara memulai bisnis makanan dengan food truck, mari kita lihat bentuk bisnis makanan kaki lima secara umum.
☞ Kios Makanan
Kios Makanan pada dasarnya stand atau booth makanan sementara atau mobile yang digunakan untuk mempersiapkan dan menjual makanan. Mall dan stadion adalah lokasi populer untuk kios makanan, yang menjual berbagai jenis makanan seperti es krim dan roti.
Kios makanan mungkin memiliki roda, dan dalam kebanyakan kasus perlu dirakit-knock down. Kebanyakan kios persegi panjang dan memiliki ruang untuk dua orang untuk bekerja di dalam atau berdiri di belakang, mempersiapkan dan melayani makanan.
Overhead rendah, fleksibilitas dan kemudahan kios dalam buka dan tutup adalah salah satu alasan mereka begitu populer. Mereka juga merupakan pilihan bisnis makanan yang sangat baik di daerah yang banyak kerumunan orang namun tidak memiliki cukup space untuk membaangun yang bersifat permanen atau karena aturan hukum di wilayah tersebut. Tentu saja, ukuran kios membatasi persediaan, jadi penting bagi pemilik usaha kios makanan untuk membawa seoptimal mungkin dengan harga yang sesuai sehingga dia bisa menghasilkan uang setiap hari. Usaha kios makanan biasanya beroperasi di dalam ruangan juga , pemilik usaha kios makanan biasanya menandatangani perjanjian lisensi di mal-mal, stadion, bioskop, atau lokasi lainnya.
☞ Gerobak dan Trailer Makanan
Gerobak dan trailer makanan adalah bisnis makanan jalanan yang telah ada selama puluhan tahun dan memiliki omset miliaran rupiah. Mereka adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memulai usaha makanan kaki lima karena gerobak biasanya ditarik dengan mobil, truk atau van, atau didorong dengan tangan. Gerobak juga cukup mudah untuk perawatannya, hemat biaya jika Anda memilih untuk memiliki beberapa gerobak dan menyewa teman, keluarga atau karyawan lainnya untuk membantu menjalankan usaha makanan Anda.
Ada dua tipe dasar gerobak makanan. Satu memiliki ruang untuk tempat duduk atau berdiri vendor di dalam dan melayani makanan melalui jendela. Yang lain menggunakan semua ruang di gerobak untuk penyimpanan makanan dan peralatan memasak, yang biasanya panggangan. Jenis yang tepat dari gerobak Anda akan ditentukan terutama oleh jenis makanan yang ditawarkan.
Trailer, seperti gerobak, namun tidak mudah untuk dipindah, membatasi lokasi potensial mereka. Trailer makanan sering ditemukan di pameran, karnaval, acara olahraga, atau tempat-tempat lain. Tidak seperti kebanyakan gerobak, trailer memungkinkan untuk memasak dan memiliki ruang untuk dua attau tiga orang di dalam. Singkatnya, trailer dapat memberikan lebih banyak pilihan daripada gerobak tapi masih lebih murah daripada truk
☞ Truk Makanan - Food Truck
Truk makanan dapat membawa sejumlah makanan, dan dalam beberapa kasus, peralatan yang lebih canggih untuk menyimpan, melayani, memasak dan menyiapkan makanan. Truk makanan dapat digunakan untuk menyediakan makan siang, atau café kecil yang menyediakan minuman dan roti-roti lainnya. Mereka melakukan biasanya menjalankan bisnisnya di area perkantoran dan tempat-tempat kongkow yang memiliki akses terbatas ke restoran.
Truk dapat membawa lebih banyak makanan, namun, truk makanan membutuhkan lebih banyak space untuk manjalankan bisnisnya dibandingkan gerobak atau kios. Pada dasarnya, ada dua jenis truk makanan. Salah satunya adalah mobile food preparation vehicle (MFPV) di mana makanan disiapkan dan pelanggan menunggunya. Yang lainnya adalah industrial catering vehicle (ICV), yang menjual makanan sudah dikemas. Modal untuk MFPV lebih besar dari sebuah ICV, tentu saja.
Oleh karena itu, terserah Anda untuk menentukan apakah Anda akan memasak, menyiapkan makanan dan melayani dari kendaraan, atau menjual makanan yang sudah disiapkan dan dikemas.
☞ Gourmet Food Truck
Pada dasarnya sama dengan sebuah truk makanan, truk makanan gourmet memiliki kualitas makanan yang lebih tinggi. Biasanya dijalankan oleh koki muda yang ambisius yang menawarkan masakan yang tidak biasa ditemukan di truk makanan, seperti crepes khusus, velvet cupcakes atau bakso ayam marsala. Truk makanan gourmet memiliki spesialisasi. Selain itu, mereka memberitahu pelanggan mereka di mana mereka akan parkir melalui situs Web mereka dan situs media sosial seperti facebook. Gourmet food truck memiliki jenis makanan high end pada saat itu.
☞ Mobile-Catering
Mobile-katering tidak jauh berbeda dengan food truck, namun memiliki tiga perbedaan: Pertama, sebuah mobile-catering disewa untuk acara tertentu seperti piknik, pesta atau fair. Kedua, orang yang menyewa kendaraan katering dapat menentukan menu katering. Ketiga, mobile-catering dapat digunakan untuk mengangkut makanan, yang kemudian dibagikan dari dalam truk atau menyiapkannya dalam event atau pertemuan, biasanya pada nampan atau gaya prasmanan.
Jadi perbedaan utamanya adalah cara melakukan bisnisnya. Meskipun demikian, kebutuhan untuk kendaraan yang dapat diandalkan, rencana bisnis, dan uang startup sangat mirip dengan persyaratan dari bisnis mobile-food lainnya.
Salah satu keuntungan dari bisnis mobile-catering adalah bahwa Anda hanya memasak dan membawa makanan seperti yang dipesan untuk pesta. Sehingga biaya opeasionalnya dapat diperrkirakan dengan mudah, dan biasanya, tidak terlalu terpengaruh cuaca karena pekerjaannya lebih banyak melayani di dalam ruangan.
Dapatkah Anda Menangani Kegiatan rutin setiap hari ?
Meskipun mungkin terlihat mudah, bisnis makanan ini membutuhkan banyak kerja keras.
Kebanyakan pemilik bisnis makanan menjalankan serangkaian rutinitas yang sama, apakah itu termasuk menjalankan kios, gerobak atau truk sendiri atau memiliki karyawan untuk menjalankannya. Di pagi hari belanja makanan untuk beberapa hari seminggu, jika tidak setiap hari. Lalu menyiapkan kios atau kendaraan dan menuju ke tujuan Anda. Ada juga kebutuhan untuk untuk pemasaran, biasanya melalui Twitter atau media sosial lain. Kebanyakan pemilik bisnis makanan bekerja sekitar 10 jam sehari.
Perencanaan menu Anda
Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika membuat perencanaan menu di bisnis makanan mobile. Berikut adalah beberapa diantaranya:
• Apakah Anda tahu bagaimana cara memasak?
• Makanan apa yang menyenangkan Anda saat memasak?
• Makanan apa yang populer di kota Anda, kabupaten, kota atau wilayah?
• Bahan apa yang mudah untuk didapatkan dari grosir, pasar atau peternakan di daerah Anda?
• Makanan apa yang ideal cocok dengan keahlian kuliner Anda atau memungkinkan Anda untuk mencoba resep baru yang kreatif?
• Makanan apa yang memiliki potensi biaya yang efektif bagi Anda untuk dijual?
• Makanan apa yang tidak dijual di food truck, gerobak, kios di daerah Anda?
• Kapan waktu opersional bisnis makanan Anda? Sarapan? Makan siang? Makan malam? Sepanjang hari?
• Apakah Anda akan spesialisasi dalam satu atau dua jenis makanan?
Resep Yang Sempurna
Kecuali jika Anda memiliki seorang koki, Anda perlu untuk merencanakan resep Anda sendiri. Pertimbangkan keluarga dan teman-teman sebagai kelinci percobaan Anda sendiri. Jangan takut kritik - lebih baik untuk menerimanya dari teman dan keluarga daripada kritikan dari pelanggan Anda.
Setelah Anda menemukan beberapa resep favorit, pastikan Anda dapat menguasai resep. Menuliskannya untuk referensi di masa mendatang. Berikutnya, mencoba beberapa kreasi dan inovasi. Sebagian besar pengusaha makanan mobile menghabiskan beberapa bulan untuk mendapatkan resep yang sempurna, sambil menunggu pemenuhan perlengkapan bisnis lainnya.
Uji Makanan Anda
Jangan memulai bisnis makanan Anda sebelum benar-benar teruji. Ini berarti Anda perlu untuk menyempurnakan setiap resep untuk memastikan itu memiliki kualitas berikut:
• Sangat mudah untuk membuat berulang dalam jumlah besar.
• Rasanya konsisten baik.
• Sangat mudah untuk melayani.
Membeli Bahan
Seperti sebuah restoran, Anda selalu harus merencanakan daftar belanja bahan secara rinci sehingga sesuai kebutuhan. Menentukan jumlah yang tepat untuk membeli bahan biasanya trial and error.
Lokasi
Lokasi akan memainkan faktor utama dalam keberhasilan usaha makanan Anda. Keputusan lokasi bisnis Anda akan tergantung pada beberapa faktor utama. Pertama, Anda harus mempertimbangkan di mana Anda diperbolehkan untuk memarkir oleh hukum. Berikutnya, potensi pelanggan bisnis makanan Anda, juga mempertimbangkan jam utama untuk setiap lokasi potensial dan, tentu saja, persaingannya.
Beberapa tempat untuk dipertimbangkan sebagai tempat parkir food truck Anda adalah:
• Taman Perkantoran.
Cari tahu apakah food truck diperbolehkan untuk parkir di taman dan kapan waktunya. Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan sebuah taman kantor tanpa banyak kompetisi, Anda perlu segera mendapatkan izin sewa atau sewa perusahaan untuk parkir di sana secara teratur. Jam sarapan dan makan siang adalah waktu utama Anda.
• Kavling yang kosong.
Jika Anda dapat mengetahui siapa pemilik properti, Anda perlu membuat tawaran untuk membayar parkir di sana secara teratur. Anda dapat mengusulkan biaya parkir harian, persentase penjualan Anda atau keduanya. Tentu saja Anda perlu menemukan kavling di mana banyak pejalan kaki yang berpotensi menjadi pelanggan Anda.
• Tempat perbelanjaan atau mal.
Anda mungkin tidak diperbolehkan untuk parkir di jalan umum disekitar pertokoan. Namun, Anda mungkin menemukan taman dekat area parkir atau di sudut yang berdekatan dengan pintu masuk mal. Pihak mal mungkin akan meminta Anda untuk memiliki izin parkir di tempat mereka. Daerah perbelanjaan mungkin memiliki sedikit ruang untuk parkir Anda. Tapi kawasan yang baru dibuka untuk area bisnis, dapat memberikan Anda kesempatan yang lebih luas.
• Lokasi wisata populer.
Kerumunan di tempat wisata merupakan pasar potensial bagi bisnis makanan. Namun, kompetisi bisa sangat ketat, terutama di tempat wisata terkenal. Anda mungkin melihat sudah banyak pesaing yang sudah lebih dulu membuka usaha makanan ditempat tersebut. Anda mungkin harus membayar hak istimewa parkir di obyek wisata utama, dan itu bisa menjadi mahal.
• Tempat olahraga.
Anda mungkin perlu izin untuk mendekati arena atau stadion. Namun, jika ada tempat parkir untuk pemegang tiket, Anda dapat mencoba untuk mendapatkan tempat di jalan atau jalan utama yang mengarah ke atau dari fasilitas olahraga.
• Festival dan event.
Festival atau acara yang rutin ataupun yang musiman bisa menjadi tempat Anda untuk membuka food truck Anda. Banyak sekali jenis festival atau acara yang ada di wilayah Anda, baik yang bersifat keagamaan maupun untuk komunitas tertentu, Anda bisa mendapatkan informasi nya dari media elektronik maupun cetak.
• Konferensi dan konvensi.
Seperti halnya dengan festival, konferensi atau konvensi merupakan acara tahunan, mereka direncanakan baik sebelumnya. Dapatkan informasinya dan sewa ruang untuk bisnis Anda. Biasanya panitia konvensi atau konferensi menyediakan spot khusus untuk pebisnis seperti Anda.
•Taman dan pantai.
Anda perlu izin untuk memanfaatkan proprti di taman atau di pantai. Hubungi pengelola taman lokal atau pantai untuk mengetahui apakah Anda bisa mendapatkan izin dan berapa biayanya. Bisnis makanan di taman atau pantai biasanya akan sangat menjanjikan bila musim liburan atau akhir pekan tiba. Disaat itulah pengunjung taman atau pantai akan membludak, tinggal bagaimana kemmapuan Anda dalam mengkonversi pengunjung taman atau pantai menjadi sebuah keuntungan bisnis.
• Stasiun Bus dan kereta api.
Jika ada ruang, pertimbangkan lokasi sibuk ini karena mungkin banyak orang lapar. Sekali lagi, Anda harus tahu di mana Anda dapat memarkir, jadi perlu bertanya terlebih dahulu. Juga, mendapatkan ide kapan waktu dimana stasiun kereta api atau bus sini ramai lalu lintas pejalan kakinya.
• Kampus-kampus.
Di Luar kampus, dijalan-jalan umum mungkin baik untuk parkir food truck Anda. Untuk mendapatkan izin parkir di kampus selama beberapa jam sehari, Anda perlu menghubungi pihak kampus dan tergantung pada kebijakan lembaganya. Jika tidak ada izin, Anda mungkin dapat mendapatkan tempat ketika ada acara utama di kampus, seperti pertandingan sepakbola atau basket.
Belajar tentang peraturan parkir di kota Anda dan menemukan lokasi dengan potensi terbaik untuk bisnis Anda membutuhkan due diligence. Juga, perhatikan bahwa terkadang perubahan musim, membuat beberapa lokasi menjadi kurang layak, seperti tempat yang bagus saat musim panas terkadang tidak layak saat musim hujan tiba karena terjadi banjir.
Biaya Modal awal
Tidak ada rumus standar untuk menentukan berapa biaya untuk memulai bisnis makanan ini. Jelas, gerobak akan memiliki biaya modal yang lebih kecil dibandingkan food truck, dan produk kemasan seperti es krim atau minuman biasanya lebih murah daripada membuat makanan.
Kisaran biaya sangat bervariasi. Anda mungkin menghabiskan 10.000.000 untuk gerobak dan perlengkapannya, 2.000.000 untuk belanja bahan makanan awal, 500.000 untuk pemasaran, dan 500.000 untuk sewa tempat bulan pertama. Dengan ditambah biaya tak terduga lainnya , maka kisaran modal awal yang dibutuhkan adalah 15.000.000.
Di sisi lain, Anda bisa menghabiskan sekitar 100 juta untuk memulai usaha makanan dengan food truck. Angka-angka juga akan bervariasi tergantung pada kebutuhan Anda. Tidak ada jumlah pasti, tetapi yang pasti kendaraan adalah investasi terbesar Anda. Intinya adalah, Anda perlu melakukan kalkulasi biaya yang cermat sehingga Anda tidak kehabisan modal sebelum Anda memulai.
Pertimbangkan merek atau karakter kendaraan atau kios Anda.
Itu berarti Anda perlu untuk memiliki tema yang konsisten dari tampilan truk ke serbet, menu dan aksesoris lainnya untuk menyajikan makanan. Konsep ini biasanya akan disesuaikan dengan target pelanggan utama bisnis Anda. Jika Anda memiliki target pelanggan utama kaum wanita maka akan lebih baik menampilkan tema girly denga warna merah muda dan lucu.
Konsep Anda harus menjadi sarana pembeda Anda dari pesaing Anda dan membangun ceruk pasar Anda. Menjadi cerdas dan konsisten (tidak pernah membingungkan) akan dapat memperluas daya tarik Anda dan bahkan menarik perhatian media.