7 Kunci Sukses Bisnis Dropship Online

Kami telah membahas banyak hal seputar bisnis dropshipping dalam Dropship: Cara Mudah Memulai Bisnis Jualan Online Tanpa Modal. Sekarang, Anda telah memiliki cukup pondasi untuk memulai meneliti dan memulai bisnis dropshipping Anda sendiri.

Dengan begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis online dropshiping ini, akan membuat Anda sedikit kewalahan untuk menentukan skala prioritas dari apa yang benar-benar penting. Untuk itulah dalam artikel kali ini kami membuat daftar elemen penting untuk kesuksesan bisnis online dropshiping Anda. Jika Anda dapat berhasil menjalankan point-point penting ini, Anda akan mendapatkan banyak hal dan memiliki peluang besar untuk sukses dengan bisnis dropshiping Anda.

Bisnis Dropship

1. Memberi nilai tambah

Memiliki rencana yang solid tentang bagaimana Anda dapat memberi nilai tambah kepada pelanggan Anda adalah faktor keberhasilan yang paling penting. Hal ini penting untuk semua bisnis, terutama dalam dunia bisnis dropshipping, di mana Anda akan bersaing dengan dropshiper lainnya yang memiliki produk serupa.

Dengan bisnis dropshipping online, sangat mudah bagi Anda menjual produk. Tapi pebisnis yang sukses memahami bahwa itu bukan hanya mengenai produk yang mereka tawarkan. Anda harus berpikir sebagai seorang penjual “toko online” dan juga sebagai penjual informasi.

Jadi bagaimana cara Anda akan memberi nilai tambah dan membantu memecahkan masalah bagi pelanggan Anda?
Jika Anda tidak dapat memberikan nilai tambah melalui informasi dan layanan yang berkualitas, satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah  untuk bersaing dalam harga.

2. Fokus pada Pemasaran dan SEO

Selain memberi nilai tambah, faktor kunci kesuksesan bisnis dropship online lainnya adalah kemampuan mendapatkan traffic ke situs toko online Anda. Masalah yang dapat menimbulkan frustasi bagi pebisnis dropship baru adalah kurangnya traffic ke situs toko online mereka. Banyak pelaku bisnis online dropshiper yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membuat situs toko online-nya tampak sempurna. Namun mereka belum mengetahui bahwa hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk eksis di bisnis dropship online ini.

Pemasaran dan traffic ke toko online adalah sangat penting untuk kesuksesan bisnis onlineAnda. Jika Anda memiliki modal yang terbatas dan tidak mampu menyewa konsultan SEO,  Anda perlu mengambil inisiatif pribadi untuk mengembangkan SEO dan  pemasaran sendiri

Hal ini sangat penting dilakukan setidaknya 6 sampai 12 bulan pertama, ketika tidak ada yang tahu siapa dan bisnis Anda. Setelah peluncuran situs toko online Anda, Anda harus mendedikasikan setidaknya 75% dari waktu Anda pada pemasaran, SEO dan mendapatkan traffic ke situs toko online Anda. Setelah Anda memiliki pondasi pemasaran yang solid, Anda dapat sedikit lebih santai dan dapat membuat skala prioritas lainnya.

Jika Anda bukan seorang marketing atau ahli SEO ahli, berikut ini kami berikan sumber daya dan blog yang bagus untuk belajar:

☞ SEOmoz - Salah satu komunitas SEO online yang paling populer.

SearchEngineLand - blog SEO yang sangat produktif, dengan puluhan posting baru setiap hari.

☞ SEOBook - Sebuah blog SEO populer dan komunitas SEO profesional.

Hubspot Blog - Membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan inbound marketing, mulai dari mendapatkan traffic dengan email sampai tips media sosial.

☞ QuickSprout - Sebuah blog oleh pengusaha terkenal Neil Patel didedikasikan sebagian besar untuk pemasaran, SEO dan traffic.

☞ SparringMind - Cara menggunakan psikologi perilaku untuk membantu mempengaruhi pelanggan dan pasar bisnis Anda.

☞ CopyBlogger - berisi tentang tips pemasaran dengan penekanan pada menulis efektif, copywriting menarik.

☞ecommerceFuel - Tips dari seorang pengusaha e-commerce aktif tentang bagaimana membangun, mengembangkan dan memasarkan toko online. Ditulis secara khusus untuk pemilik toko individu dan toko kecil.

3. Spesialisasi

Hampir semua toko dropshipping sukses memiliki satu kesamaan: spesialisasi produk atau niche tertentu. Semakin spesialis, cenderung semakin sukses.

Banyak yang berpikir bahwa mempersempit fokus mereka akan membatasi basis pelanggan potensial mereka. Itu tidak salah. Namun, dengan spesialiasasi memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dengan pelanggan Anda, lebih mudah menonjol dari kompetitor dan bersaing di pasar yang lebih kecil.

Misal, Anda menjual tas laptop, maka Anda bisa memilih fokus pada tas laptop ukuran 14" dengan bahan dari bambu. Jika Anda menjual casing smartphone, Anda bisa memilih fokus untuk smarhphone merk tertentu dengan bahan tertentu.

Jika Anda baru meluncurkan sebuah toko online di sebuah niche, Anda mungkin tidak akan tahu segmen pelanggan yang akan dijadikan fokus. Tetapi setelah berjalan beberapa waktu Anda akan mendapatkan pengalaman dengan pelanggan Anda, Anda harus mengidentifikasi segmen yang paling menguntungkan dan yang memungkinkan Anda untuk memberi nilai tambah paling optimal. Kemudian, cobalah untuk memposisi bisnis Anda untuk fokus secara eksklusif pada kebutuhan dan masalah para pelanggan. Anda suatu saat akan kagum dengan peningkatan  tingkat konversi toko online Anda bahkan jika Anda menetapkan harga premium sekalipun.

Spesialisasi akan membuat lebih mudah untuk membedakan diri, mengenakan harga premium dan memusatkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif.

4. Memiliki Perspektif Jangka Panjang 

Membangun bisnis online dropshipping seperti membangun bisnis atau apa pun yang bernilai: Dibutuhkan komitmen dan investasi dari waktu ke waktu. Secara realistis akan memakan waktu setidaknya satu tahun untuk membangun sebuah bisnis yang menghasilkan pendapatan yang signifikan.

Beberapa bulan pertama adalah yang paling sulit. Anda akan berjuang dengan keraguan, mengalami masalah dengan situs toko online Anda dan kemungkinan akan menghasilkan nol penjualan. Ini adalah normal! Rumah yang Anda tempati sekarang tidak dibangun dalam sehari, begitu juga bisnis dropshipping yang sukses.

Jika Anda mempersiapkan mental untuk menghadapi tantangan awal dan tidak berharap untuk mendapatkan kekayaan dalam semalam, Anda akan jauh lebih mungkin untuk eksis dengan bisnis Anda sampai menjadi sukses.

5. Layanan Pelanggan terbaik

Internet telah menjadi tempat bisnis yang cukup transparan, tapi perkembangan media sosial saat ini telah membuat reputasi bisnis Anda jauh lebih penting untuk kesuksesan bisnis Anda secara online. Jika Anda tidak memperlakukan pelanggan Anda dengan baik, mereka akan sering men-share pengalaman mereka agar seluruh dunia tahu - dengan mudah di media sosial- termasuk ke pelanggan potensial Anda.

Memiliki pelanggan yang merasa puas adalah salah satu pemasaran terbaik yang dapat Anda lakukan. Seperti yang terjadi di semua bisnis, akan jauh lebih mudah untuk membuat penjualan untuk pelanggan yang puas daripada mencoba untuk meyakinkan prospek baru untuk membeli. Jika Anda memperlakukan pelanggan Anda sangat baik, mereka cenderung untuk menyebarkan berita dan merujuk orang lain ke bisnis Anda. Dengan layanan yang baik, Anda dapat membangun sebuah bisnis di mana repeat order akan menjadi sumber pendapatan pasif Anda.

6. Jangan Terlalu fokus pada Detail

Jangan terlalu fokus pada detail seperti nama perusahaan, logo, tema atau layanan email pemasaran Anda. Hal yang membuat sebuah bisnis yang sukses adalah berbicara tentang: nilai tambah, pemasaran, layanan pelanggan yang luar biasa, spesialiasasi dan komitmen jangka panjang. Namun, terkadang pebisnis dropdhip baru akan menghabiskan waktu uang lama untuk membuat keputusan tentang shopping cart atau mempercantik toko. Itu perlu namun ada yang lebih berharga yaitu mengembangkan aspek-aspek inti dari bisnis.

Melakukan penelitian dan membuat keputusan, namun jangan biarkan hal kecil akan menghambat Anda.

7. Langkah Paling Penting

Langkah yang paling penting adalah untuk benar-benar memulai membangun bisnis dropship Anda! Ini adalah hal yang paling sulit bagi kebanyakan orang dan biasanya diakibatkan ketakutan dan ketidakpastian.

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa pengusaha sukses memiliki kepastian yang solid ketika mereka mulai membangun bisnis mereka. Ketika Anda menggali sedikit lebih dalam, Anda akan menemukan bahwa ketakutan dan keberatan yang dimiliki kebanyakan orang adalah tentang bagaimana cara memulai perubahan. Namun mereka yang sukses terus bergerak maju dengan rencana mereka meskipun memiliki keraguan.

Jika Anda serius tentang membangun bisnis dropshipping Anda sendiri, Anda harus melakukan hal yang sama. Melakukan penelitian Anda, mengevaluasi pilihan Anda dan kemudian bergerak maju meskipun ada rasa kahwatir dan keberatann. Itu yang pengusaha sukses lakukan. 

Ayo Mulai Bisnis Dropship sekarang Juga.

close
Banner iklan disini