Toko aplikasi android dipenuh oleh aplikasi gratis untuk didownload. Bahkan, berdasarkan TechCrunch lebih dari 90% aplikasi android adalah aplikasi gratis.
Namun dengan aplikasi gratis download tidak berarti mereka tidak bisa mendapatkan uang dari internet. The Verge melaporkan bahwa lebih dari 98% pendapatan Google Play pendapatan dari seluruh dunia berasal dari aplikasi gratis! Hal ini semakin memperjelas bahwa aplikasi gratis memiliki potensi pendapatan yang sangat besar.
Bagaimana aplikasi gratis menghasilkan uang?
Anda mungkin berpikir Anda akan mendapatkan jawaban yang sama yang Anda telah lihat sebelumnya. Iklan dalam aplikasi, kan? Memang Iklan seperti google Adsense merupakan cara paling mudah bagi pengembang aplikasi untuk mendapatkan uang dari internet. Namun dalam artikel kali ini, akan dijelaskan metode atau cara mendapatkan uang lainnya yang dapat Anda gunakan untuk me-monetize aplikasi android gratis Anda.
Tujuan dari artikel ini adalah memberikan daftar yang paling lengkap cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi gratis yang tersedia di mana saja.
Dengan membaca sampai akhir Anda akan mendapatkan daftar 9 cara yang berbeda untuk menghasilkan uang dengan aplikasi gratis untuk pengguna yang men-download.
Cara atau metode menghasilkan uang dari aplikasi android gratis ini benar-benar dapat bekerja secara efektif.
Bagaimana cara aplikasi gratis dapat menghasilkan uang?
1. Sponsor
Sama seperti dengan situs web, Anda bisa menghasilkan uang baik dengan mencari orang, perusahaan atau merek untuk mensponsori aplikasi gratis Anda.
Ini adalah metode monetisasi aplikasi yang kurang dimanfaatkan oleh bnayak pengembang aplikasi android gratis, tapi saat ini mulai semakin banyak yang tertarik.
Ide dasarnya adalah untuk membangun aplikasi dengan target pemirsa tertentu. Anda kemudian mencari dan mendapatkan orang atau perusahaan yang memiliki target audiens yang sama dan melakukan kesepakatan dengan mereka untuk mensponsori aplikasi gratis Anda.
Biasanya sponsor akan membuat beberapa peraturan seperti berikut:
• Anda membuat aplikasi dan mengubah semua grafis untuk mencerminkan merek baru sponsor Anda
• Anda mengubah nama aplikasi dan konten lain agar cocok dengan merek sponsor Anda
Hal ini umumnya dikenal sebagai 'white label'. Apa yang Anda lakukan adalah mengubah aplikasi Anda dan membuatnya terlihat seperti yang dinginkan oleh sponsor baru Anda.
Jumlah uang yang Anda dapatkan dan bagaimana cara pembayarannya akan bervariasi tergantung pada kesepakatan yang Anda buat dengan sponsor.
Berikut adalah beberapa ide:
• Pembagian Pendapatan - Anda dan sponsor setuju untuk membagi pendapatan yang dihasilkan oleh aplikasi.
• Biaya sponsor bulanan - sponsor bisa membayar biaya bulanan yang ditetapkan untuk penggunaan aplikasi + pemeliharaan.
Manfaat lain menggunakan sponsor adalah bahwa mereka mungkin sudah memiliki pengikut online yang besar. Seringkali sponsor memiliki akun populer di media sosial, blog, saluran YouTube dll
Jika Anda adalah pembuat aplikasi white label untuk sebuah sponsor, mereka mungkin akan mempromosikannya ke audiens yang mereka miliki. Hal ini dapat membuat aplikasi Anda banyak yang mendownload dari saluran tidak bisa digunakan oleh aplikasi pembuat lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh dari pengaturan sponsor sukses:
Subway mensponsori aplikasi pertandingan sepak bola PrePlay untuk terlibat dengan fans selama super Bown XLVI. Contoh lain adalah kemitraan antara Evernote, platform mobile pencatatan, dan 3M. Sponsorship ini berarti bahwa Notes digital Post-it ® diintegrasikan ke dalam aplikasi Evernote seluler.
2. Langganan
Cara mendapatkan uang dari aplikasi gratis dengan model berlangganan adalah sebagai berikut:
• Aplikasinya gratis untuk didownload
• Ada beberapa konten gratis yang tersedia di aplikasi, tetapi tidak semuanya.
• Pengguna harus membayar biaya berlangganan rutin untuk membuka semua konten dalam aplikasi.
Model langganan ini akan bekerja dengan baik untuk aplikasi mobile yang secara teratur memiliki konten baru yang segar ditambahkan ke mereka. Contoh aplikasi yang cocok adalah aplikasi berita atau aplikasi dengan video unik atau konten audio.
Bagaimana Anda mengelola model berlangganan?
Kabar baiknya adalah cara ini tidak jaug berbeda dengan menambahkan in-app purchase ke aplikasi. Apple dan Google menawarkan metode langganan melalui platform mereka seperti IAP. Ini berarti Apple atau Google menangani pembayaran dari pengguna.
contoh:
Aplikasi yang paling sukses mendapatkan uang dengan metode berlangganan adalah aplikasi seri Kardashian / Jenner. Pada dasarnya sekelompok orang Kardashian / Jenners merilis aplikasi dengan tema tips make up, saran fashion, video dll
Mereka menghasilkan uang dari aplikasi dengan menggunakan biaya berlangganan / bulan $ 2,99. Pengguna harus berlangganan untuk mendapatkan akses ke beberapa konten dalam aplikasi.
Aplikasi mereka juga menawarkan 7 hari percobaan gratis. Pengguna dapat berlangganan dengan beberapa caran dan tidak ada uang muka. Jika mereka secara manual membatalkan langganan sebelum masa percobaan gratis mereka berakhir secara otomatis akan ditagih setelah 7 hari. Cukup pintar.
3. Email marketing
Bagaimana cara mendapatkan uang dari aplikasi gratis dengan pemasaran email?
Sama seperti di web, pemasaran email bekerja dengan mengumpulkan alamat email dan pemasaran menawarkan kepada orang lain melalui email.
Aplikasi mobile menawarkan kesempatan baru untuk mengumpulkan alamat email dari orang-orang yang tertarik pada produk atau layanan Anda.
Pemasaran email adalah salah satu strategi pemasaran yang paling efektif di internet, namun masih kurang dimanfaatkan dalam ruang aplikasi mobile. Yang paling banyak memanfaatkan cara monetisasi ini adalah pemain besar, sebagian besar pengembang kecil belum menafaat kan peluang email marketing untuk mendapatkan uang dari aplikasi gratis mereka.
Ada banyak cara untuk mengumpulkan alamat email dari dalam aplikasi mobile. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:
• Gunakan Pop Up
Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat pertanyaan/ survey ke pengguna melalui kotak pop-up. Anda hanya dapat menyajikan kotak pop-up yang meminta pengguna untuk memasukkan alamat email mereka dengan imbalan sesuatu (poin gratis dalam aplikasi, membuka fitur tertentu, dll).
• Gunakan Facebook SDK.
Apakah Anda tahu bahwa dengan memiliki login Facebook yang aktif dalam aplikasi Anda, Anda dapat menggunakannya untuk mengumpulkan alamat email? Setiap kali seseorang log in dengan Facebook dalam aplikasi Anda, Anda bisa mengumpulkan email mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan backend seperti Parse untuk menyimpan nama & email.
• Menggunakan alat pihak ke-3 seperti LeadLayer
Anda juga dapat mengintegrasikan SDK pihak ke-3 ke aplikasi seluler Anda sehingga mengumpulkan email akan menjadi lebih mudah. Hal ini dapat semudah menambahkan beberapa baris kode untuk aplikasi Anda, jadi ini merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan.
Coba Anda lihat apa yang 1App lakukan dalam mengumpulkan email dalam aplikasi. Aplikasi ini milik pencipta LeadLayer, dan ia berhasil mengumpulkan lebih dari 40.000 alamat email dari aplikasi.
4. Freemium
Model 'freemium' adalah salah satu cara yang paling umum digunakan oleh aplikasi gratis untuk mendapatkan uang dari dunia online- internet.
Aplikasi Freemium gratis untuk didownload, tetapi mereka mengandung in-app purchases (IAP’s). Jadi 'Freemium Upsell' yang dimaksudkan disini adalah aplikasi yang menawarkan fungsionalitas gratis terbatas, dan memiliki pilihan untuk membuka fungsionalitas secara penuh dengan IAP.
Ide umum adalah bahwa pengguna dapat men-download & menggunakan aplikasi gratis. Jika mereka suka dan meninginkan sesuatu yang lebih dari aplikasi, mereka memiliki pilihan untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya.
Manfaat dari freemium upsell adalah bahwa hal itu menghilangkan keraguan saat membuat keputusan download. Orang-orang sangat ragu-ragu untuk men-download aplikasi berbayar karena mereka tidak tahu persis apa yang akan mereka dapatkan. Tapi dengan aplikasi freemium orang dapat men-download, mengujinya secara gratis dan menghapusnya jika mereka tidak menyukainya.
Kelemahan dari aplikasi freemium dari perspektif pengembang adalah bahwa hanya sebagian kecil pengguna yang akan menjadi pelanggan yang membayar.
5. Amazon Underground
Amazon Underground adalah cara yang relatif baru bagi pengembang untuk mendapatkan uang di Amazon App Store. Tidak memerlukan iklan atau in-app purchases. Bahkan, tak satu pun dari cara tersebut yang diperbolehkan dalam aplikasi yang terdaftar di Amazon Underground.
Jika aplikasi Anda memang mengandung in-app puchase, Anda harus setuju untuk membebaskan biaya bagi pengguna apabila Anda listing di Underground. Dengan kata lain, pengguna bisa mendapatkan dari IAP Anda tanpa harus membayar satu sen pun.
Pengembang akan dibayar langsung oleh Amazon. Amazon membayar pengembang $ 0,02 per menit penggunaan, per pengguna.
Ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi pengembang dengan aplikasi yang memiliki sesi penggunaan rata-rata yang sangat tinggi, tetapi masih berjuang untuk memonetisasi dengan IAP ini.
6. Jual Merchandise
Salah satu aplikasi besar pertama yang menggunakan merchandise sebagai metode monetisasi adalah Angry Birds Rovio. Anda dapat membeli segala macam merchandise Angry Birds seperti mainan, pakaian dan lainnya.
Prinsip dasar dari metode ini adalah menggunakan merek atau produk Anda untuk menciptakan barang fisik dan dijual beriringan dengan aplikasi.
Barang-barang fisik dapat dijual dari dalam aplikasi, dan juga dapat dijual melalui pemasaran email jika Anda mengumpulkan lamat email pengguna.
Membuat barang fisik bermerek untuk dijual beriringan dengan aplikasi mobile memiliki banyak masalah terutama dalam penanganan pembayaran & pengirimannya.
Namun saat ini hal tersebut semakin mudah, dengan adanya layanan baru amazon yang ditawarkan untuk menyederhanakan seluruh proses tersebut.
Amazon memiliki program yang disebut 'Merch oleh Amazon' yang memungkinkan pengembang dengan mudah menjual t-shrt yang dirancang khusus dari dalam aplikasi mereka.
Berikut adalah cara sederhana dalam menggunakan Merch oleh Amazon:
Anda hanya membuat & meng-upload karya seni yang Anda inginkan pada t-shirt Anda, mempromosikan t-shirt Anda menggunakan alat yang disediakan oleh Amazon, dan memperoleh bagi hasil Anda dari pendapatan.
Dengan Merch, Amazon menangani proses pembayaran & pengiriman. Hal ini membuat seluruh proses menjadi sangat mudah untuk pengembang aplikasi mobile.
7. Afiliasi
Afiliasi pemasaran, secara sederhana, adalah cara mempromosikan & menjual produk atau jasa orang lain dengan imbalan persentase dari pendapatan.
Ini adalah cara yang telah lazim digunakan untuk mendapatkan uang di internet. Amazon mungkin adalah contoh terbaik afiliasi pemasaran. Seluruh bisnis mereka didasarkan pada afiliasi pemasaran. Tapi pemasaran afiliasi tidak hanya sebatas perasaran produk fisik. Produk informasi, software (termasuk aplikasi), dan layanan semua juga dapat dijalankan dengan pemasaran afiliasi.
Jadi sebagai pengembang aplikasi mobile, bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari afiliasi pemasaran?
Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari program afiliasi ini, antara lain:
• Mempromosikan aplikasi lain
Anda mungkin telah melihat iklan dalam beberapa aplikasi mempromosikan aplikasi lainnya. Hal ini paling sering dilakukan dengan menggunakan jaringan iklan.
Berikut adalah bagaimana Anda akan melakukannya:
Pertama Anda mendaftar ke jaringan afiliasi seperti Clickbank, Globalwide Media, CommissionJunction, atau yang lain.
Anda kemudian akan menemukan tawaran afiliasi aplikasi mobile yang sesuai dengan aplikasi Anda. Carilah sesuatu yang pengguna aplikasi Anda akan cenderung untuk men-download. Cermati kondisi pembayaran (per klik, instal) dan jumlah yang Anda terima.
Jika pengiklan telah memberikan materi, maka Anda dapat langsung menggunakannya. Jika tidak, Anda akan perlu untuk membuat materi iklan Anda sendiri.
Setelah Anda selesai melakukannya, Anda perlu menciptakan pop-up dalam aplikasi Anda yang dan mengarahkan pengguna ke link afiliasi Anda saat mereka meng-klik-nya.
• Mempromosikan produk melalui pop-up atau banner
Prinsipnya adalah sama dengan apa yang telah dijelaskan dalam mempromosikan aplikasi lain, tetapi kali ini yang Anda promosikan adalah sebuah produk.
Anda akan mengikuti langkah yang sama seperti yang sebutkan di atas, tapi bukannya mencari aplikasi lain untuk dipromosikan, Anda akan memerlukan suatu produk yang pengguna Anda kemungkinan besar akan tertarik.
• Mempromosikan produk melalui 'in-app store'
Metode ini sangat populer untuk aplikasi e-commerce. Wish, Gilt, and Geek adalah beberapa contoh aplikasi yang sukses. Aplikasi ini menampilkan produk dari berbagai toko yang berbeda. Mereka menambah nilai dengan bertindak seperti pusat perbelanjaan virtual. Pengguna aplikasi dapat menelusuri produk-produk dari banyak lokasi yang berbeda semua di satu tempat.
Ketika pengguna memutuskan untuk membeli produk, pemilik aplikasi akan mendapatkan komisi atas penjualan. Kunci untuk penerbit aplikasi ini adalah nilai tambah yang mereka berikan. Harus ada alasan bagi orang untuk menggunakan aplikasi Anda.
8. Iklan
Ini adalah salah satu cara paling umum digunakan pengembang aplikasi mobile untuk mendapatkan uang dengan aplikasi gratis.
Caranya sederhana. Anda menampilkan iklan di dalam aplikasi Anda dan Anda mendapatkan uang dari jaringan iklan yang Anda gunakan.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari iklan. Anda bisa dibayar per tayangan (setiap kali pengguna melihat iklan), per klik (setiap kali seseorang mengklik iklan), atau per install (setiap kali pengguna mengklik iklan dan juga menginstal aplikasi yang diiklankan).
Anda juga harus mempertimbangkan berbagai tipe iklan yang tersedia dan menggunakan yang paling cocok untuk aplikasi Anda. Berikut adalah jenis iklan yang paling umum:
• Iklan pengantara - Ini adalah iklan pop-up full screen yang cukup umum di aplikasi mobile. Mereka diprogram untuk muncul pada waktu tertentu dan menggunakan seluruh layar. Pengguna pada dasarnya memiliki 2 pilihan. Mereka dapat mengklik tombol tutup dan kembali menggunakan aplikasi Anda, atau mereka mengklik iklan dan dibawa ke toko aplikasi untuk mengunduh aplikasi yang diiklankan.
• Banner iklan - iklan banner paling umum di gunakan web. Sebuah iklan banner berada di bagian atas atau bawah layar sebuah aplikasi, dan biasanya tetap di sana untuk beberapa waktu. Ini kurang menonjol dibandingkan iklan pengantara karena sering diabaikan oleh pengguna.
•Video iklan - iklan video adalah pendatang baru dalam dunia aplikasi mobile. Iklan video dapat ditampilkan secara otomatis pada titik-titik tertentu dalam aplikasi Anda, atau on-demand saat pengguna memilih untuk melihat mereka.
Umumnya jenis on-demand dikenal sebagai 'video berharga'. Hal ini karena pengguna dapat memilih untuk menonton video dan akan mendapatkan hadiah dalam aplikasi. Dengan cara ini Anda dibayar untuk tampilan video & pengguna menerima sesuatu dalam aplikasi Anda sebagai hadiah.
• Iklan Native - iklan native muncul dalam konten aplikasi dan dirancang sesuai dengan desain aplikasi. Idenya adalah bahwa pengguna mereka mungkin bosan dengan format iklan lainnya dan karena agak menjengkelkan. Istilah 'native' digunakan karena iklan yang akan dibuat terlihat seperti bagian alami dari aplikasi.
9. In-app Purchase
Cara mendapatkan uang dari aplikasi gratis terakhir adalah in app purchase. In-app purchase adalah barang yang tersedia untuk dibeli dalam aplikasi mobile Anda. Pembayaran akan ditangani oleh toko aplikasi dimana aplikasi Anda berada, dan app store mengambil persentase dari pendapatan setiap IAP.
IAP dapat digunakan untuk memberikan pengguna Anda untuk membuka fitur tertentu dalam aplikasi Anda, membuka item dalam aplikasi, membeli barang-barang digital, membeli mata uang dalam game, menghapus iklan, dan hal lainnya.
Banyak aplikasi top yang bergantung pada IAP sebagai sumber pendapatan, jadi ini jelas merupakan suatu cara yang ampuh untuk menghailkan uang dari aplikasi gratis.
Kesimpulan
Jika Anda sedang mencari cara-cara baru untuk mendapatkan uang dari aplikasi gratis Anda, ada dapat memanfaatkan salah satu atau bebarpa dari 9 cara mendapatkan uang dengan aplikasi gratis yang telah dijelaskan diatas.
Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, dan beberapa lebih cocok untuk aplikasi tertentu daripada yang lain.
Bagaimana Anda mengetahui mana yang terbaik untuk aplikasi Anda?
Lihat dan cermati apa yang apa dilakukan pesaing Anda atau aplikasi lain dalam kategori yang sama dengan aplikasi Anda . Jika aplikasi teratas dalam kategori Anda menggunakan suatu metode tertentu, ini mengindikasikan hal yang positif dengan metode tersebut.
Cara lain adalah dengan mengumpulkan data yang berguna tentang perilaku pengguna Anda.